Chemistry Magical

Sumber : http://bisakimia.com/2012/11/26

Smiley Egg Head (Photo credit: themonnie)

ya inilah yang akan kita lakukan tentunya dengan prinsip kimia, kita akan memasukkan botol tanpa menekannya masuk ke dalam. karena secara logika, ukuran telur yang lebih besar tak akan bisa masuk ke dalam botol melalui ujung lubangnya yang lebih kecil

apa saya yang dibutuhkan?

  1. Telur rebus tanpa cangkang
  2. korek api
  3. kertas
  4. Botol kaca

Prosedur:

  1. siapkan botol kosong
  2. bakar kertas, masukkan ke dalam botol(usahakan tetap menyala)
  3. letakkan telur di mulut botol
  4. lihat apa yang terjadi, telur akan bergerak masuk ke botol dan akhirnya masuk ke dalamnya

Apa yang terjadi?

pertama kita harus menggunakan botol kaca karena jika botol plastik tidak tahan terhadap panas api dan menyebabkannya rusak, lalu kita membakar kertas dan memasukkannya ke dalam botol agar semua udara dalam botol memuai(molekulnya bergerak berjauhan) , sehingga volumenya lebih besar dan sebagian akan keluar botol. Oleh karena itu ketika telur diletakkan didalam, api akan padam karena tak ada lagi bahan bakar(oksigen), dan suhu akan menjadi normal sehingga udara akan menyusut kembali menjadi volume yang lebih rendah. karena dimulut botol telah tertutup oleh telur maka udara tak bisa masuk. oleh karena itulah botol akan terhisap masuk.

 

PENCEGAHAN BROWNING PD APEL

Sering kan melihat apel yang sudah di belah, lalu setelah beberapa menit kmudian berubah menjadi kecoklat coklatan? Kenapa ya apelnya jadi tidak terlihat segar kembali? Bisa tidak sih kita upayakan agar tetap segar ?

Hmmm,,, jawabannya begini..

Ketika apel sudah di belah, maka apelnya terkena udara . lalu timbullah pertanyaan “trus kenapa kalau sudah terkena udara?”

Nah.. bahan kimia di dalam apel itu bereaksi  dengan cara menghancurkan sel nya jika terkena udara. Maka dari itu apelnya berubah menjadi coklat. Apel merupakan antioksidan yang baik sehingga ia akan teroksidasi karena terkena udara. hal ini menunjukkan sifat yang sangat baik. bayangkan saja jika anda memakan apel dan apel tersebut akan menggantikan penuaan sel anda dengan apel itu sendiri.

Agar kita menjaga apel supaya tetap segar, yaitu dengan memeras buah lemon ke apel tersebut. Dan terbesit lah di pikiran kita ,” Kok bisa ya lemon menjaga apel menjadi tetap segar?”. Itu dikarenakan vitamin c di dalam lemon (ascorbid acid) memperlambat reaksi antara bahan kimia di dalam apel dan oksigen di udara. Jadi, lemon dapat menyelamatkan warna dan rasa dari apel . Karena asam askorbat atau vitamin C merupakan antioksidan yang baik pula. maka saat terkena udara,  vitamin C lah yang teroksidasi oleh udara. bukan apel.

Disini kita bisa mengamati bagaimana sifat vitamin C sebagai antioksidan berfungsi secara langsung melindungi Zat lain untuk teroksidasi. Hal yang sama terjadi di tubuh kita. vitamin C akan menahan semua kerusakan dan menjaga sel dalam tubuh agar tetap segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post Navigation